Kamis, 03 Januari 2013

Review Tes Motor Honda Supra X 125 R 2012 - Bertenaga dan Nyaman

Ditulis oleh : Nugraha | Pada : Kamis, Januari 03, 2013

Akhirnya saya mendapatkan kesempatan untuk membuat tulisan review dan tes motor Honda Supra X 125, tes ini menggunakan tipe Supra X 125 R yang bercakram depan belakang, berwarna hijau hitam serta ber velg racing. Sebagai bahan informasi bagi kita semua, Honda Supra 125cc sebenarnya sudah lama hadir di indonesia, dengan nama besar Honda dan juga jaminan after sales yang mumpuni, Honda Supra 125 sepertinya akan terus diminati oleh para pecinta sepeda motor ditanah air. Dengan berbekal banyak kelebihan sebagai salah satu motor yang bertenaga dan irit bahan bakar, sepeda motor ini termasuk salah satu sepeda motor yang cukup populer di tanah air, jika anda berencana untuk membeli sebuah sepeda motor yang berkapsitas mesin 125cc, tampaknya supra 125 adalah salah satu pilihan terbaik yang layak untuk anda lirik. Apa saja kelebihan dan kekurangan Supra 125? mari kita lihat bersama, harap dicatat bahwa hasil dari review/tes ini berdasarkan dari pengalaman saya mengendarai Supra X 125 R edisi tahun 2012 selama beberapa hari, jadi harap di maklumi jika banyak kekurangannya. Mari kita lihat bersama.

Supra X 125 adalah motor yang irit, nyaman dan bertenaga


honda supra x 125 r

Hal pertama yang saya rasakan saat mengendarai Supra X 125 adalah "nyaman dikendarai", tidak bisa dipungkiri bahwa motor bebek memiliki tingkat kenyamanan yang lebih jika dibandingkan dengan motor sport, hal ini mungkin karena sejak awal di ciptakan, bebek Honda Supra X 125 memang dirancang sebagai motor harian, disini tingkat kenyamanan harus diutamakan, karena bagaimanapun sebuah motor harian harus memiliki kelebihan ini, dan supra X 125 telah membuat saya puas dalam tingkat kenyamanan berkendara.

Konsumsi bahan bakar Honda Supra X 125 R tahun 2012 yang saya gunakan juga lumayan irit, tes yang saya lakukan menunjukan kalau motor ini memang cukup irit. Tidak ada tes pengukuran bahan bakar secara khusus yang saya gunakan, tetapi untuk jarak sekitar 55km-60km, Supra X 125R yang saya gunakan hanya berkurang satu strip saja yang tampak dilayar speedometer/ dasboard indikator bensin, irit!!.

Bertenaga di putaran menengah dan atas, sebenarnya, sebelum saya melakukan tes ride Supra X 125R, saya berpikir bahwa motor ini bukan motor yang cukup bertenaga, tetapi perkiraan saya ini pun akhirnya pupus setelah saya melakukan tes ride sendiri. Hal yang membuat saya kagum adalah ketika saya berkendara dengan motor ini, saya dapat mencapai top speed 60km/jam dengan menggunakan gigi 2, inipun puntiran gas belum habis dan saya pikir bisa mencapai angka 65km/jam atau lebih!! lumayan responsip untuk motor yang sering dijuluki motor orang tua, meskipun kini desainnya lebih sporty dan cocok untuk semua golongan termasuk anak muda. Supra X 125 R ini memiliki mesin bertipe 4 langkah, SOHC, pendingin udara, dan menghasilkan tenaga maksimal sekitar 9,3 PS pada putaran mesin 7.500 rpm, cukup untuk menemani aktivitas kita sehari-hari.

Kelebihan Honda Supra X 125 R

Supra X adalah motor yang memiliki kenyamanan yang bagus

Mesin 125cc dari Supra X cukup bertenaga

Supra X 125 kini memiliki mesin yang senyap dan tidak berisik

Tenaga dan nafas gigi rendah cukup panjang

Dengan nama Honda Supra, motor ini tergolong irit

Untuk edisi terbaru, Supra X125R memiliki desain yang sporty

Supra X 125R memiliki dasboard semi digital

Rem cakram depan belakang

Kunci kontak dilengkapi dengan pengaman khusus


Kekurangan Honda Supra X 125 R

Handling yang terkadang terlalu ringan

Supra X 125 kurang bertenaga pada putaran mesin bawah

Harga yang lumayan tinggi untuk kelas 125cc dibanding kompetitor

Rem depan yang terlalu ringan dan kurang menggigit


Mungkin itulah beberapa hal yang saya dapatkan dari review tes Honda Supra X 125 R lansiran tahun 2012, motor yang saya gunakan adalah tipe R series yang memiliki veleg racing dan berwarna hijau hitam. Harap diingat, review tes Supra X 125 R ini adalah murni dari hasil tes pribadi, jadi kemungkinan kesalahan penulisan dan hasil tes bisa saja berbeda dengan orang lain. Berapa nilai yang saya berikan? secara keseluruhan saya puas terhadap desain, performance, features dan kenyamanan dari sepeda motor ini, beberapa kekurangan dari Supra X 125 R mungkin tidak akan berpengaruh banyak terhadap penilaian saya, mungkin nilai 8,5 dari poin 10 layak saya berikan kepada motor premium Honda ini.

warna Honda Supra X 125 R

Ini adala beberapa tipe dari Honda Supra X 125 yang saya lansir dari situs resmi Honda Motor Indonesia

- Supra X 125 R : Velg racing - cakram depan dan belakang
- Supra X 125 D : velg jari-jari - cakram depan, belakang tromol
- Supra X 125 PGM-Fi : Velg racing, mesin Injeksi, cakram depan belakang
(data diambil pada 4 januari 2013)

Bagaimana dengan anda? apakah anda memiliki pengalaman khusus saat mengendarai sepeda motor Honda Supra X 125 R? mari berbagi bersama.


7 komentar:

  1. memang saya akui supra x125 motor bebek yg tiada tanding karna kecepatan nya yg luar biasa di banding kan dengan bebek lain nya bensit yg sangat irit

    saya pernah tes balapan dengan satria f 150 cc tpi saya mnang

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga puas punya supra x 125....

      Hapus
  2. Ane juga pake gan... satu kata... Mantappps...
    http://akhfauzan.wordpress.com
    http://akhfauzan.wordpress.com/2012/06/04/membuat-lampu-hi-pass-beam-honda-nsx-125r/

    BalasHapus
  3. mstahil mnang dngan satria f

    BalasHapus
  4. PASSSSS MUANTABSSSSSS..... untuk kerja, nongkrong, ngapel sekalipun....

    BalasHapus
  5. coment yg di atas, lebayyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyy

    BalasHapus
  6. saya baru beli suprax125r second, mtorny bertenaga dan irit bensin.
    motor sudah saya pakai selama dua minggu, tapi kenapa suara mesinny agak berisik ya?

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya ke blog Motor Modz, jangan lupa tinggalkan komentar atau saran anda disini..

(Cara berkomentar mudah - Pilih [NAME/URL] isi nama saja.. )